Kelas Blogging Sesi 5 di Rumah Kopi Banjarnegara

Alhamdulillaah, kelas blogging sesi 5 atau sesi terakhir telah digelar pada Minggu, 8 Maret 2020 dan bertempat di Rumah Kopi Banjarnegara. Pada sesi terakhir ini, dihadiri oleh lima peserta dan tiga peserta lainnya berhalangan hadir karena suatu hal.




Dengan tema yang telah ditentukan sejak awal yaitu "Membangun Pariwisata dengan Blogging", narasumber kali ini yaitu Kak Idah Ceris membagikan materi berjudul "Peran Media Blog untuk Pariwisata". Apa saja yang telah dibagikan di kelas tersebut? Yukkk...baca ulasan sampai akhir, yaaa. ❤


Peran Media Blog untuk Pariwisata

Mengapa konten pariwisata harus dipublikasikan melalui media blog? Ini menjadi bahan obrolan santai di Rumah Kopi bersama teman-teman Blogger. Santai tapi agak serius, nih.

Bukan mengharuskan apalagi memaksakan kepada setiap orang untuk mempublikasin segala hal tentang pariwisata melalui media blog. Banyak platform digital yang telah disediakan untuk membagikan informasi perihal pariwisata. Namun sebagai Blogger, kami berpendapat bahwa membagikan tulisan melalui media blog lebih informatif, efisien, dan efektif. 

Ya, pemilihan platform web blog untuk publikasi konten pariwisata dirasa lebih informatif, efektif, dan efisien karena tidak sedikit informasi yang harus disampaikan perihal pariwisata. Mulai dari aksesibilitas, harga tiket masuk, sampai dengan buah tangan atau oleh-oleh khas setempat. Melalui web blog, tidak ada batasan karakter untuk penyampaian informasi. Penulis pun lebih leluasa dan bebas dalam menyampaikan informasi se informatif mungkin.



FYI, para pencari informasi pariwisata masih mengandalkan mesin pencari untuk memperoleh informasi detail perihal pariwisata, lho. Dan sampai detik ini, mesin pencari pun lebih merekomendasikan laman web blog ketimbang platform lain untuk pemberian informasi tersebut.

Selain berbagi tentang peran media blog untuk pariwisata, Kak Idah juga berbagi pengalaman blogging terkait dengan pemanfaatan blog mulai dari personal branding sampai dengan blog sebagai ladang penghasilan. Gimana? Menjadi Blogger itu asyik, bukan? 😘

Rumah Kopi Banjarnegara

Gimana rasanya masuk cafe terus mendapat sambutan hangat dari para pelayan? Senang pastinya. Dan itu dapat kalian rasakan ketika masuk Rumah Kopi Banjarnegara.

Memasuki cafe ini, kalian akan disambut oleh  senyuman para pelayan yang ramah. Tidak hanya satu saja, ada beberapa yang akan menyapa. Kemudian, mereka akan menawarkan menu, menunggu dengan sabar kalian menmesan menu, sampai memastikan  kembali pesanan kalian sebelum fix masuk daftar pesanan.




Cafe yang belum lama berdiri ini mengusung konsep vintage semi industrial. Sementara untuk menu-menunya, mengunggulkan menu kopi sesuai dengan nama cafenya yaitu Rumah Kopi. Ada lebih dari 50 varian kopi yang dutawarkan di sini. Dan untuk menu pelengkapnya sendiri banyak menu-menu yang menjadi andalan seperti Nasi Bakar Rempah, misalnya.

Menurut Mas Hanggar, salah satu pemilik Rumah Kopi, nasi bakar rempah menjadi salah satu menu favorit di Rumah Kopi. Karena rasa penasaran, kami pun mencoba menu tersebut dan banyak menu lain yang rasanya memang enak banget. Aroma rempah dalam nasi bakar  memang tidak nangung-nanggung, terasa banget.



Jika kalian singgah ke Banjarnegara, sempatkan untk mampir ke Rumah Kopi Banjarnegara yang beralamat di Jl. D.I. Panjaitan Blok E No 25, Komplek Ruko Atrium Square,  atau gang depan SPBU kota. Buat para penggemar kopi khususnya, tempat ini pas banget buat kalian mengeksplor varian kopi. ❤

Terima kasih @rumahkopibanjarnegara atas waktu dan tempat yang telah diberikan untuk acara Kelas Blogging sesi 5. Terima kasih atas  sambutannya, kehangantannya, dan menu-menu istimewanya. Semoga cafe makin ramai dan nyaman. ❤


Sekali lagi, kelas blogging ini menjadi pamungkas rangkaian kegiatan #KelasBloggingBanjarnegara yang diselenggarakan oleh kami. Doakan kami bisa kembali membuat agenda dan meneruskan kegiatan-kegiatan untuk turut mempromosikan pariwisata Banjarnegara, khususnya. See, yaaa!

1 komentar

  1. Wih seneng, makin banyak lagi yang tertarik nge-blog
    semoga makin produktif, makin banyak tulisan keren tentang Banjarnegara

    BalasHapus