Bincang Ringan Tips Konsisten Ngeblog di Kopi Sabin



GenMile Banjarnegara sebagai komunitas yang mempromosikan pariwisata secara online, khususnya Kabupaten Banjarnegara, menyelanggarakan Kelas Blogging yang terbagi dalam lima sesi. Mengusung tema "Membangun Pariwisata Banjarnegara dengan Blogging", kelas tersebut telah masuk pada sesi ketiga. Kali ini kami bermitra dengan Kopi Sabin untuk menyelenggarakan #KelasBlogging3.

Sub tema yang dibahas pada kelas yang berlangsung Minggu, 27 Oktober 2019, adalah Konsistensi Ngeblog. Kendala bloger, terutama pemula, adalah soal konsistensi menulis. Banyak alasan yang mereka kemukakan. Seperti belum ada ide, materi, sibuk, malas, bahkan tidak mood. Pernah mengalaminya bukan? Yuk kita simak tips konsistensi ngeblog di bawah ini.

Tips Konsisten Ngeblog 

Kak Sovi Memberikan Materi Konsistensi Ngeblog

Sovi Nur Wakhidah sebagai pemateri dalam sesi ini mengatakan, cara mudah untuk konsisten ngeblog yang pertama adalah luruskan niat terlebih dahulu. Bloger yang memiliki niat kuat untuk mengembangkan blognya pasti tidak akan kalah dengan keadaan. Setelah itu, seorang narablog sebaiknya menetapkan target ngeblog. Dengan memiliki target, kita memiliki hutang dengan diri sendiri yang harus dibayar.

Tidak memiliki ide atau materi sering menjadi alasan timbulnya inkonsisten dalam menulis. Solusinya adalah dengan membuat draft tema dan judul artikel dari setiap ide yang terbesit di pikiran. Ide-ide tersebut lalu dieksekusi dengan memanfaatkan setiap kesempatan untuk membuat konten. Artikel yang telah kita tulis namun masih memerlukan revisi dapat disimpan di draft, agar dapat kita edit kapan saja dan di mana saja.

Sebagai penulis pemula, tidak perlu terlalu perfeksionis dalam menulis. Karena itu dapat membuat waktu kita banyak terbuang. Menulis saja. Yang penting tulisan kita mudah dipahami dan informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pembaca. Dengan sering menulis dan membaca ulang artikel yang telah diterbitkan, kita akan mengetahui kekurangan dari tulisan tersebut. Lalu, rasa malas apalagi pakai mood harus dibuang jauh-jauh.

Agar dapat mempublikasikan tulisan minimal satu minggu satu postingan, sebaiknya narablog tidak terpaku pada satu tema saja. Misal menulis tentang pariwisata, tapi hanya destinasinya saja yang ditulis. Jangan seperti itu. Lama-lama kita akan kehabisan materi. Kita dapat menjelajahi lebih dalam tentang pariwisata seperti kulinernya, cenderamata, insfrastruktur, atau bahkan tips berwisata. Dengan demikian, penulis memiliki banyak materi untuk ditulis dan dibagikan.

Bloger yang ingin konsisten menulis harus memulainya dengan niat, dan mengakhirinya dengan tindakan.

Bermitra Dengan Kopi Sabin

Kafe Kopi Sabin

Kopi Sabin sebagai salah satu destinasi kuliner yang sedang digemari oleh masyarakat Banjarnegara, kami gandeng sebagai partnership dalam Kelas Blogging Sesi 3. Kopi Sabin lahir dari tiga orang anak muda yang kreatif yaitu Herlina, Ristia, dan Danu. Dengan mengusung konsep edukasi kopi,  mereka membuat mini bar di Desa Gemuruh pada Januari 2017. Lokasinya yang bersebelahan dengan sawah memunculkan ide nama "Kopi Sabin". Sabin dalam bahasa Jawa berarti sawah. Ngopi sambil menikmati pemandangan sawah memang syahdu, ya.

Sempat buka cabang di Pucang pada tahun 2018, sekarang kafe ini menetap di Kutabanjarnegara. Menu andalannya adalah kopi susu pak tani original yang terbuat dari kopi robusta Banjarnegara  dicampur dengan susu dan es. Bagi pengunjung perempuan yang tidak terlalu suka kopi, bisa memesan coffee delight yang lebih creamy. Kopinya dari mana? Kafe ini bekerja sama dengan Bimalukar Coffee sebagai pemasok kopi Banjarnegara. Selain menu kopi, pengunjung juga dapat memesan camilan seperti mendoan, pisang goreng, dan roti bakar. Kalau perut terasa sangat lapar, Kopi Sabin juga menyediakan menu rice bowl dan indomie dari level biasa sampai super pedas.

Ladang, istilah lain kafe ini, buka setiap hari mulai pukul 10.00-22.30 WIB. Tapi untuk hari Jumat, jam operasionalnya dimulai waktu sore hari yaitu pukul 15.00 WIB. Kafe yang mampu menampung maksimal 100 orang ini menjadi tempat favorit untuk kongko. Tidak hanya anak muda, tapi juga keluarga dan orang kantoran juga singgah ke sini.

Ruang Dalam Kopi Sabin

Kafe yang berada di belakang Hotel Asri ini terbagi dalam beberapa bagian yaitu ruang dalam, bagian samping, bagian depan, dan balkon. Untuk balkon, pengunjung bisa lesehan menikmati kopi dengan ditemani semilir angin dan pemandangan sawah serta sungai. Lokasi parkir yang disediakan cukup luas. Sayangnya, untuk tempat parkir motor masih berupa tanah. Jadi saat musim kemarau seperti pelaksanaan Kelas Blogging kemarin, motor kami mandi debu. Semoga kedepannya lebih nyaman lagi, ya. Meskipun Kopi Sabin tidak memiliki musala sendiri, pengunjung tidak perlu khawatir jika mau salat. Di sebelahnya ada musala warga yang fasilitasnya cukup lengkap dan bersih.

Pengin minum kopi tapi pas mau keluar ternyata panas, hujan, atau malas. Jangan khawatir. Kopi Sabin belum lama ini meluncurkan layanan baru yaitu pesan antar. Pesanan bisa diantar pada jam operasional pukul 11.00-20.00 WIB. Tinggal menghubungi nomor 081215033834 dan pesan menu yang kamu mau. Layanan pesan antar ini ada batas wilyahnya atau tidak? Jelas ada dong. Paling barat Semampir, sebelah timur Parakancanggah, utara Gayam, dan selatan Karangtengah.

Ingin mencoba cita rasa kopi Banjarnegara? Ke Kopi Sabin saja!

Bincang-bincang mengenai tips konsisten ngeblog ini ditutup dengan sebuah pesan dari Kak Sovi agar kita menjadi anak muda yang menua dengan karya. Pariwisata Banjarnegara membutuhkan anak muda yang bukan hanya mengkritik, tapi juga bertindak dengan sebuah karya seperti teman-teman yang mengikuti Kelas Blogging GenMile Banjarnegara.


Tidak ada komentar