Pasar Lodra Jaya, Destinasi Digital Pertama di Winong, Banjarnegara

Pasar Lodra Jaya adalah Destinasi Digital pertama di Kabupaten Banjarnegara yang dibentuk oleh GenPI Banjarnegara. Dalam pembuatan Destinasi Digital ini, GenPI Banjarnegara didampingi oleh GenPI Jateng dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten setempat selaku penasihat.

Destinasi Digital yang lebih dikenal sebagai pasar zaman now ini berlokasi di Desa Winong, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara. Destinasi baru yang dikemas dalam bentuk pasar tradisional ini berdiri di atas tanah salah satu warga winong yaitu Pak Solatun.

Pasar Lodra Jaya menawarkan beragam jenis jajanan tempo dulu, makanan serta minuman khas desa setempat. Permainan Tradisional untuk anak-anak juga disediakan di Zona Dolanan Bocah sebagai penunjang pasar ini. Atraksi lain yang bisa ditemui di sini yaitu Zona Edukasi dan Panggung Kreasi yang dapat digunakan untuk perform anak-anak muda atau komunitas yang ada di Banjarnegara. Fasilitas umum pengunjung pun telah disediakan, seperti Toilet, Zona Bebas Merokok yang berada di bukit Lodra Jaya.

Sebagai differentiation, Pasar Lodra Jaya mengusung konsep pasar nuansa alam dengan didukung spot selfie instagramable khas pariwisata Kabupaten Banjarnegara seperti Candi Dieng dan Dawet Ayu.


Pengunjung akan melewati pintu masuk gapura Candi Arjuna yang mana Candi tersebut merupakan salah satu wisata unggulan di Jawa Tengah dan sudah masuk dalam daftar Kawasan Strategis Pariwisat Nasional (KSPN).

Sebelum masuk area pasar, pengunjung wajib menukarkan uang rupiah dengan uang koin yang terbuat dari kayu yang nantinya digunakan sebagai alat pembayaran yang sah di Pasar Lodra Jaya. Selain alat pembayaran, Pasar Lodra Jaya juga meminimalisir penggunaan plastik untuk lebih ramah lingkungan.




Kenapa dinamai Pasar Lodra Jaya?
 
Lodra Jaya adalah prajurit Pengeran Diponegoro yang menjadi pendiri Desa Winong dan kemudian oleh masyarakat setempat diangkat menjadi lurah. Atas dasar ini, GenPI Banjarnegara dan Pemertah Desa Winong menggunakan nama Lodra Jaya sebagai nama pasar dengan harapan destinasi ini akan ramai, sukses, dan jaya, sehingga masyarakat makin sejahtera.

Mengunjungi Pasar Lodra Jaya menjadi pilihat tepat untuk berkuliner dengan suasana berbeda, namun tetap bisa eksis di sosial media.

1 komentar

  1. Selamat atas dibukanya Pasar Lodra Jaya ini, semoga memantik temen-temen untuk selalu tetap bergerak dijalur masing-masing.

    Sekecil apapun pergerakan, semoga menjadi bermanfaat untuk orang lain, aamiin...


    Sukses terus ya kakak kakak GenMile....

    BalasHapus