Njagong Bareng GenPI Banyumasan

Usai pengukuhan GenPI Banyumasan atau GenPI di eks. Karesidenan Banyumas yang dilakukan pada bulan November tahun lalu, praktis kami seperti fokum, belum ada pembahasan untuk program-program GenPI Banyumasan ke depannya. Whats App Group yang sudah dibuat pun sepi. Hanya berisi share event atau agenda dari masing-masing daerah dan tanggapan atas event, belum menyentuh pada program-program terkait dengan promosi pariwisata secara go digital.

@thevillagepurwokerto

Nah, kebetulan GenPI Banyumasan mendapat undangan untuk jalan-jalan ke wisata baru di Purwokerto yaitu @thevillagepurwokerto,  akhirnya pada Sabtu (24/3), kami bersepakat untuk njagong bareng. 

Acara njagong bareng ini bertempat di @jailbreakcafe, Purwokerto. Ya, setelah selesai jalan-jalan, kami pindah tempat  untuk berdiskusi sekalian untuk makan siang.

Njagong bareng yang dihadiri oleh 11 orang yang teridiri dari GenPI Banjarnegara, GenPI Purbalingga, GenPI Banyumas dan GenPI Cilacap, berlangsung cukup kondusif, santai dan banyak recana program baik untuk GenPI Banyumasan maupun GenPI daerah.

Berikut point penting hasil njagong bareng GenPI Banyumasan:
  • Pembuatan logo sebagai indentitas GenPI tiap daerah.
  • Pembuatan akun-akun sosial media masing-masing daerah guna promosi pariwisata, khususnya di daerah masing-masing.
  • Akun sosial media diseragamkan menggunakan kata GenMile atau Generasi Milenial, kemudian diikuti nama daerah. Sebagai contoh, @genmileBNR untuk akun official GenPI Banjarnegara.
  • Membuat akun sosial media untuk GenPI Banyumasan sebagai media sharing dan repost kegiatan karesidenan.
  • GenPI Banyumasan memilih nama Serayu untuk semua akun sosial media, termasuk web.
  • Membuat web aggregator yang nantinya dapat digunakan sebagai referensi wisata di karesidenan Banyumas. Adapun isi dari web tersebut adalah hasil postingan Blogger-blogger yang telah menulis wisata yang berlokasi di karesidenan Banyumas.
  • Nama web www.serayu.id untuk web aggregator.
  • Melakukan audiensi dengan pihak-pihak terkait seperti Dinas Pariwisata di Kabupaten masing-masing.
@jailbreakcafe
Generasi milenial yang hobi Traveling atau Kuliner memang harus lebih kuat memanfaatkan internet untuk promosi pariwisata. Semua serba digital. Program-program pun hampir keseluruhan memanfaatkan digital karena era sekarang memang era digital.

Terima kasih kepada The Village dan Jail Break Cafe yang sudah support penuh acara kami. Semoga koordinasi dan komunikasi antar member makin baik, dan program di atas lekas direalisasikan.

Salam Pesona Indonesia.
Salam GenPI. Gasss...

Teks: Idah Ceris

Tidak ada komentar