Ada Apa Di FESKOLA 2018?

Rapat Pleno Feskola 2018
Senin (26/3), GenMile Banjarnegara mendapat undangan untuk menghadiri rapat pleno FESKOLA (Festival Kota Lama) 2018 di Aula Kantor Kecamatan Purwareja Klampok. Rapat kali ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata beserta jajarannya, Para Camat, Kades, beberapa Kepala Dinas yang terlibat dalam event ini, Pegiat Wisata, serta para pelaku usaha di daerah Klampok guna menyamakan presepsi demi kelancaran acara Feskola 2018.

Festival Kota Lama 2018 akan dilaksanakan pada tanggal 28-29 April 2018 di Area BLK Klampok Banjarnegara. Tema yang diusung adalah Klampok Tempo Doeloe. Dalam festival ini, pengunjung akan merasakan perpaduan antara budaya Belanda dan Jawa tempo dulu. Atmosfer tempo dulu akan terasa ketika pengunjung mendatangi festival ini. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan arsitektur tempo doeloe, pesta dansa, tumplek templek, lomba busana lawas, traditional craft, dendang keroncong, dan pasar tua.

Sedikit informasi perihal pasar tua bahwa, konsep pasar tua ini sama dengan konsep pasar digital yang telah diprogramkan oleh Kemenpar. Dengan konsep tempo doeloe namun tetap kekinian diyakini akan mendatangkan pengunjung dari Banjarnegara maupun dari luar Banjarnegara. 

Mas Rujit, ketua tim event Feskola menjelaskan bahwa, akan ada 8 warung tempo doeloe yang menjajakan kuliner khas jaman doeloe. Selain kulineran, pengunjung juga dapat mencoba membuat kerajinan keramik Klampok yang sudah terkenal hingga mancanegara. Karena konsepnya mirip pasar digital, alat pembayaran di pasar tua ini menggunakan uang digital. Sebelum pengunjung berbelanja di pasar tua, pengunjung diwajibkan menukarkan uang terlebih dahulu. Jika tidak menukarkan uang rupiah ke uang yang sudah ditentukan, maka pengunjung tidak bisa melakukan transaksi.

Salah satu rumah tua di kompleks BLK Klampok...
FYI untuk pecinta sepeda tua di sekitar Banjarnegara akan ada tur-nya juga loh, start dari lapangan BLK Klampok - Emanuel - melewati perkampungan warga dan sawah lalu finish di lapangan BLK.

“Tujuan dari Festival Kota Lama 2018 adalah salah satu bentuk promosi pariwisata khususnya zona Banjarnegara wilayah Barat. Peran serta masyarakat Banjarnegara sangat berpengaruh demi kemajuan dunia pariwisata Banjarnegara." tutur Pak Dwi selaku Kepala Dinas Pariwisata Banjarnegara.

“Sukses atau tidaknya Festival Kota Tua 2018 adalah tergantung peran serta dari masyarakat Klampok khususnya dan masyarakat Banjarnegara pada umumnya. Harapan kami dengan adanya Festival Kota Tua 2018, Banjarnegara semakin dilirik oleh wisatawan.” pungkasnya.

Sebagai generasi millenial, kami mendukung penuh festival ini. Dan kami juga berharap, semoga akan ada Feskola tahun berikutnya karena kawasan kota lama yang berlokasi di Purwareja Klampok sangat berpotensi untuk dijadikan obyek wisata.

Sukses untuk Feskola dan Salam Pesona Indonesia.

Foto dan Teks: Ella Fitria

3 komentar

  1. Banjarnegara ngikut Jawa Tengah Ya dik..?

    wuiih...pasti semarak tuh dik, karna acara sarat dengan nuansa memori lama, mungkin para pesertanya memakai pernak pernik yang semua serba doeloe,,,,,ngomong ngomong adik admin ngikut jadi pserta nggak

    BalasHapus
  2. Mantep, pasti seru nih :D

    BalasHapus
  3. Saya selalu penasaran sama Banjarnegara ini. Semoga suatu saat bisa berkunjung ke sini.

    BalasHapus